Kamis, 26 April 2012

Tutorial Dasar Desain 3D


   Kali ini saya mencoba memberikan tutorial tentang blender, dalam asumsi kali ini diharapin sih temen-temen ngak buta-buta banget tentang blender.
Tanya : Blender bukannya buat masak yah?
Haha, blender yang sekarang dibahas bukan buat motong-motong makanan, tapi blender disini adalah sebuah software pendukung untuk membuat objek 3D, untuk keterangan lebih lengkap langsung aja visit ke situs resminya DISINI. Oke pada postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial sederhana pembuatan objek 3D membuat karakter yang ngak asing lagi, yaitu maskot nya Sistem Operasi Android, si Hijau itu loh, bahan baku yang dibutuhin ya sebuah leptop, mouse dengan 3 tombol, dan usahain punya num-pad supaya gampang, Software yang dipake tentu aja BLENDER dan kali ini yang saya gunakan adalah versi 2.6 (soalnya menurut saya lebih mudah dibanding versi sebelumnya). So Check this out

PERSIAPAN + PEMBUATAN BADAN
  • Buka aplikasi blender 2.6
  • Hapus “cube” yang secara default ada ketika membuka lembar kerja
  • Kemudian siapkan sebuah bola “Sphere”
  • Setelah itu perbesar dengan scroll lock agar lebih mudah melihatnya
  • Gunakan “tab” untuk masuk ke dalam “edit-mode”
  • Kemudian ambil titik tengah kemudian sorot dan blog, gunakan Shift + alt + mouse click untuk memblok separuh bagian sphere kebawah
  • Jika sudah, hapus dengan menggunakan tombol “x” atau dengan menggunakan tombol “del” pada keyboar, pilih hapus secara Vertices
  • Kemudian kita akan memanjangan bagian yang terbelah tadi, kita akan menggunakan fungsi “ex-rude”, gunakan tombol “E” kemudian sorot sesuai bidang z kebawah sebanyak dua kali, maka hasilnya akan didapat pemanjangan sisi sebanyak dua bidang 


PEMBUATAN TANGAN, TANDUK, MATA DAN KAKI
  • Buat sebuah sphere kecil, kemudian lakukan proses serupa dengan pembuatan badan pada tahap sebelumnya, proses nya sama hanya yang berbeda adalah tidak digunakan penghapusan, dan hanya melakukan exrude sebanyak bentuk yang diinginkan
  • Jika sudah, kita akan buat tangan sebelahnya dan kaki, tidak perlu membuat objek sphere lagi, cukup gunakan fasilitas “duplicate” dengan menggunakan tombol “SHIFT+D”, kemudian pindahkan ke bagian kiri lengan, kaki kanan dan kaki kiri
  • Sekarang buat bagian tanduk, cukup duplikat objek tangan tadi, kemudian scale menjadi ukuran yang lebih kecil dan panjang, gunakan tombol “s”, kemudian lakukan rotasi sebanyak 20 dan -20 untuk tandung yang dibuat, gunakan tombol “r” (rotate)
  • Sekarang buat dua buah mata, lagi-lagi gunakan objek Sphere, lakukan scale dan letakan di bagian kepala

PEWARNAAN
  • Untuk mewarnai objek pada blender, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, kali ini saya akan mewarnainya dengan menggunakan fungsi “Material”, langkahnya adalah sebagai berikut, pertama pilih objek yang akan diwarnai
  • Kemudian pilih bagian material, Pilih tombol “+” pada layar, kemudian di bagian Deffuse, ganti warna dari objek tersebut
Pewarnaan Dengan Material
·         Lakukan hal yang sama pada bagian tangan, kaki, tanduk dan mata dengan warna yang sesuai,

 
SMOOTING DAN RENDERING
  • Agar objek terlihat lebih indah dan realistis, gunakan fasilitas smooth pada opsi shading, pilih “Smooth” di opsi Shading pada panel Object Tools
  • Dan terakhir adalah tahap yang ditunggu-tunggu, yaitu tahap rendering, untuk komputer yang memiliki RAM dan prosesor yang kecil, harap bersabar, proses ini akan memakan waktu, tapi untuk kali ini proses rendering akan berjalan dengan cepat karena tidak banyak objek yang sulit untuk di render.
Hasil Rendering
Oke, sekian tutorial dari saya, semoga dapat membantu dan bermanfaat, kalau ada kendala bisa hubungi saya, email atau chat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar